header permata pengalamanku

Mengatasi Telat Haid 1 Bulan: Pengalaman dan Solusi

19 komentar

haid

Sebagai seorang ibu dari dua gadis remaja, saya sering menghadapi kekhawatiran ketika anak saya mulai mengalami haid. Pada awalnya, menstruasinya tidak selalu teratur, sesuatu yang menurut dokter masih wajar untuk usia remaja. 

Namun, ketika haidnya telat hingga satu bulan, kecemasan mulai muncul. Apakah ini normal? Apa yang menyebabkan keterlambatan ini? Dan yang paling penting, bagaimana cara mengatasinya? Apakah sudah butuh obat pelancar haid?

Biar tenang, aku ajak aja mereka ke dokter kandung dan mendapatkan setumpuk info berikut ini.

Telat Haid: Apa yang Harus Diketahui?

Telat haid adalah kondisi di mana siklus menstruasi seorang perempuan tidak datang sesuai jadwal. Siklus menstruasi normalnya berlangsung sekitar 28 hari, tetapi bisa bervariasi antara 21 hingga 35 hari. Ketika haid terlambat, terutama hingga satu bulan, banyak ibu, seperti saya, mulai mencari tahu apa yang terjadi pada tubuh anaknya.

Penyebab Telat Haid 1 Bulan

Berdasarkan penjelasan dokter kandungan yang kami datangi, siklus haid itu diatur oleh hormon estrogen dan progesterone dalam tubuh. Kalau sampai telat haid , ya biasanya karena kinerja hormonnya terganggu disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa penyebab yang umum terjadi, antara lain:

Stres

Kata orang, darah muda itu kan penuh gejolak, ya. Mereka memiliki banyak mau, tetapi belum tahu caranya. Tekanan emosional atau fisik yang berlebihan dapat memengaruhi hormon yang mengatur siklus menstruasi, menyebabkan telat haid.

Perubahan Berat Badan

Usia remaja awal itu masih termasuk masa pertumbuhan. Bahkan, lagi pesat-pesatnya. Sampai ada istilahnya growing pains, yaitu rasa nyeri yang sering dialami anak-anak selama masa pertumbuhan. 

Selain cepat tinggi, para remaja juga mengalami penambahan berat badan yang signifikan. Tak jarang, banyak remaja yang mulai menjalankan diet untuk menjaganya. Nah, penurunan atau peningkatan berat badan yang drastis bisa mengganggu keseimbangan hormon, yang pada akhirnya memengaruhi siklus haid.

Masalah Kesehatan

Kondisi seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), gangguan tiroid, atau diabetes bisa menjadi faktor penyebab telat haid. Untuk memastikan hal ini, ada baiknya mengenali ciri-ciri setiap penyakit di atas dan mengonsultasikan ke dokter untuk penegakan diagnosis.

Konsumsi Obat-obatan

Penggunaan obat tertentu, terutama yang berhubungan dengan hormon, bisa memengaruhi jadwal haid. Hal ini seperti yang dialami putri sulungku. Memang, sejak awal meresepkan, dokter sudah menyatakan bahwa obat tersebut bisa berefek membuat telat haid. Namun, tetap aja ketika terjadi dalam waktu lama, aku menanyakan ke dokter kandungan untuk memastikan semuanya masih baik-baik aja.

Perubahan Pola Hidup

Perubahan rutinitas, seperti pola tidur atau aktivitas fisik, juga bisa berkontribusi terhadap keterlambatan menstruasi. Mungkin, secara mental memang kita tidak sampai stres oleh perubahan. Akan tetapi, bisa jadi fisik kita yang membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

istirahat

Cara Mengatasi Telat Haid 1 Bulan

Jika anak gadis kita mengalami telat haid hingga satu bulan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, yaitu:

Jaga Pola Makan dan Berat Badan Sehat

Pastikan anak mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga berat badan yang sehat. Perubahan berat badan yang tiba-tiba dapat memengaruhi siklus menstruasi. Jadi, latihlah anak kita untuk menjalani diet, menambah atau mengurangi berat badan, secara bertahap bukan yang instan.

Kelola Stres

Ajak anak untuk berbicara tentang masalah yang mungkin menyebabkan stres. Terkadang, mereka hanya perlu didengarkan untuk menyalurkan emosi. Teknik relaksasi seperti berdoa, salat, meditasi, yoga, atau olahraga ringan juga dapat membantu.

Periksa Kesehatan

Jika telat haid berlanjut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tes hormon atau pemeriksaan fisik mungkin diperlukan untuk mengidentifikasi penyebabnya sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Konsumsi Bahan Makanan Pelancar Haid

Beberapa bahan pangan bermanfaat untuk melancarkan haid secara alami. Misalnya: sarden, salmon, bayam, seledri, air kelapa, beri-berian, alpukat, chamomile, peppermint, jahe, kunyit, kayu manis, gingseng, adas, dan yogurt. Tinggal diolah aja sesuai selera sang putri agar dapat dinikmati dan mengatasi masalah telat haid.

Rekomendasi: Obat Pelancar Haid dari Sido Muncul

Bagi para ibu yang khawatir dengan keterlambatan haid anaknya, saya sarankan untuk membaca lebih lanjut tentang bahan pangan yang bisa menjadi obat pelancar haid alami pada tautan di awal artikel ini. 

Atau, kalau mau yang praktis, kita bisa memberikan produk Sido Muncul Kunyit Asam. Produk ini terbuat dari bahan-bahan alami dan sudah dikenal luas di masyarakat Indonesia untuk membantu mengatasi telat haid dengan cara yang aman dan efektif.

Mengatasi telat haid memang memerlukan pendekatan yang tenang dan bijak, terutama jika ini terjadi pada anak remaja yang mungkin masih belajar mengenal cara kerja tubuhnya. Dengan pemahaman yang tepat dan dukungan dari orang tua, masalah telat haid bisa diatasi dengan baik.

Related Posts

19 komentar

  1. Waktu belum menikah aku minum ini
    Rasanya tuh awalnya mau muntah
    Tapi lama lama enak juga
    Kalau haid telat saat sudah nikah tuh bawaannya degdegan haha

    BalasHapus
  2. Haidnya anak rem,aja memang cenderung belum sering tidak lancar dan ada banyak masalah yang, ku pernah bawa kakak beberapa kali ke obgyn krn urusan haid ini. klo memang bisa pakai solusi yg alami kayak herbal dan jamu kayaknya memang lebih bagus

    BalasHapus
  3. Bisa dibayangkan ya ibu dengan anak perempuan kalau haid anaknya gak teratur, pasti khawatir takutnya ada apa-apa. Harus dicari tahu dulu penyebabnya dan mengatasi salah satunya pakai suplement herbal kaya kunyit asam dari Sido Muncul ini

    BalasHapus
  4. Pernah minum Sido muncul kunyit asem pakai air dingin tapi lebih enak pakai air hangat. Mpo minum bukan karena telat haid 1 bulan tapi karena darah haid tidak bau .

    BalasHapus
  5. Aaihh, aku suka banget sama kunyit asam.
    Dan baru tau ada Sido Muncul Kunyit Asam.
    Pasti rasanya segeerr yaaah.. ditambah manfaatnya yang bagus untuk melancarkan haid secara alami.

    BalasHapus
  6. Ini sih walau ga lagi telat haid sih suka minum karena segar, dan ini emang sudah teruji sih banyak yang cocok dengan kunyit asam sidomuncul... tapi tetep sih jaga pola makan dan istirahat serta stress itu juga lebih baik supaya haid lancar

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah bisa mendampingi langsung si anak gadis ketika mulai masuk masa2 menstruasi ya, mbak. Sulungku dulu belajar segala macam dari mbak2 di pondoknya karena dia mulai haid ketika sudah berada di pondok. Memang klo masih di awal2 gitu, siklusnya masih tidak karuan. Bisa telat, atau bisa jadi malah rentang masa haidnya cukup lama.

    Mengonsumsi jamu kunyit asam gini bagus loh untuk melancarkan sirkulasi di tubuh. Semoga bisa membantu untuk bikin haid teratur dan tidak sakit yaaa...

    BalasHapus
  8. kalau masih awal-awal haid itu memang haidnya belum benar-benar teratur ya, mbak beda kalau memang sudah cukup dewasa pastinya akan waswas banget kalau misalnya telat haid

    BalasHapus
  9. molly sering nih mengalami telat haid. Pas cek ke dokter kandungan, alhamdulillah dicek semua bagus. faktor stress katanya.

    BalasHapus
  10. Kalo haid gak teratur bikin khawatir ya. Dan memang minum kunyit bisa jadi solusi mantulnya dan lifestyle sehat

    BalasHapus
  11. Untuk aku yang tidak menggunakan KB, kalau telat seminggu aja langsung panik gimana satu bulan ya hehehheee...

    BalasHapus
  12. Aku pernah ngalami waktu awal kuliah ada pendidikan dasar kemiliteran. Haidku sempat terhenti satu bulan, udah bingung. Alhamdulillah waktu itu minum kunyit asam yang dibuatkan simbah putri, minum beberapa hari , haid pun keluar. Sekarang enak ya udah ada minuman kunyit asam dari Sido Muncul, praktis jadinya

    BalasHapus
  13. Ah Kunyit Asam! Ini minuman favoritku mulai zaman remaja
    Saat datang bulan aku biasa minum ini, biar haid lancar

    BalasHapus
  14. Wah makasii mba infonya. Sekitar beberapa bulan lalu sempat telat datang bulan. Aku sampai kepikiran jangan-jangan "isi" lagi nih.. hihihii
    Ternyata bukan, sih. Sekarang sudah tau kalau telat datang bulan minum Kunyit asam aja

    BalasHapus
  15. Wah sidomuncul banyak banget keluarin produk baru, salut deh. Aku juga pernah pas kuliah telat haid sampe satu bulan, dokter bilang aku stress dan akhirnya diberikan obat melancarkan haid , sekarang sudah ada sidomuncul lrbih praktis lagi

    BalasHapus
  16. Habis lebaran kemarin saya juga telat haid hampir masuk bulan kedua malah. Takut iya, panik juga iya, mana di tiktok fypnya aneh-aneh. Jadi tambah pikiran huhu. Tapi setelah dicari tau ternyata adanya perubahan pola hidup, mungkin efek bulan puasa kemarin ya. Tapi saya juga konsumsi pil jamu haid. Sekarang sudah lancar tanpa konsumsi lagi. Pil jamu khusus haid gini cukup membantu banget kok, dan kita juga harus mengenal gejalanya apa

    BalasHapus
  17. Kalo pas gadis dulu telat gak pernah cemas, kadang telatnya ampek setahun. Etapiii begitu dah nikah, punya anak satu, telat haid langsung cemas. Deg degan gak jelas.

    BalasHapus
  18. Aih sama mbak, saya juga punya 1 anak gadis, kalau haidnya terlambat datang lebih dari seminggu, sayanya udah was-was.
    Kunyit asam sido muncul, saya suka minum ini juga mbak, bahkan untuk konsumsi sehari-hari juga

    BalasHapus
  19. Anak saya kebetulan lancar haidnya. Beda sama saya waktu gadis yang haidnya gak teratur. Bahkan bisa telat 3 bulan. Dulu saya biasa aja. Mama aja yang suka waswas. Dulu pun iya, mama sering ngasih makanan dan minuman yang punya khasiat obat. Kayak kunyit asam. Cuma dulu gak ada yang praktis gitu. Dulu bikin sendiri. :D

    BalasHapus

Posting Komentar